Tokoh dan Penokohan

Tokoh dan Penokohan
1.     Tokoh
Tokoh merupakan pelaku yang mengemban peristiwa dalam cerita fiksi sehingga peristiwa itu mampu menjalin cerita, atau tokoh ialah pelaku dalam karya sastra. Tanpa tokoh alur tidak akan pernah sampai pada bagian akhir cerita.
Sama halnya dengan unsur plot dan pemplotan, tokoh dan penokohan merupakan unsur penting dalam karya naratif. Plot biasanya dipandang orang sebagai tulang punggung cerita, namun kita kita dapat juga mempersoalkan: siapa tokoh yang diceritakan, siapa yang melakukan sesuatu dan dikenai  sesuatu, yang dalam cerita sering disebut peristiwa dalam  plot, siapa pembuat konflik adalah bagian dari tokoh dan penokohan. Pembicaraan mengenai tokoh dengan segala perwatakan dengan berbagai citra dirinya, dalam banyak hal lebih menarik pehatian orang  daripada berurusan dengan pemplotannya. Namun, hal itu tidak dapat diabaikan begitu saja karena kejelasan  mengenai tokoh dan penokohan dalam banyak hal tergantung pada pemplotannya.
Jenis-jenis Tokoh
Tokoh ialah  pelaku dalam karya sastra. Dalam  karya sastra biasanya ada beberapa tokoh, namun  biasanya hanya ada satu tokoh utama. Tokoh  utama  ialah  tokoh yang sangat penting dalam  mengambil peranan dalam  karya sastra. Dua jenis tokoh adalah tokoh datar (flash character) dan tokoh bulat (round character).

1.    Ada tiga jenis tokoh bila dilihat dari sisi keterlibatannya dalam menggerakan alur, yaitu:
·        Tokoh sentral merupakan tokoh yang amat potensial menggerakan alur. Potensial → mempunyai potensi, dimana arti potensi adalah sesuatu yang dipandang dapat menghasilkan/ menguntungkan. Tokoh sentral merupakan pusat cerita, penyebab munculnya konflik.
·        Tokoh bawahan merupakan tokoh yang tidak begitu besar pengaruhnya terhadap prkembangan alur, walaupun ia terlibat juga dalam pengembangan alur itu.
·        Tokoh latar merupakan tokoh yang sama sekali tidak berpengaruh terhadap pengembangan alur. Kehadirannya hanyalah sebagai pelengkap latar, berfungsi menghidupkan latar.

Contoh
          “bangga banget dah  kalau Rini yang jadi pacar gua. Secara yaa gua cowok normal. Siapa yang kaga pengen jadi pacarnya mempunyai fisik lebih dari wow. Mulai dari wajah. Bulat beralaskan bedak dan blush on berwarna merah jingga yang selalu tampak natural dipipi kanannya. Alisnya yang sedikit tebal yang meruncing diujungnya. Bibirnya kecil mungil. Rambutnya sebahu lurus hitam dan berkilau layaknya bintang iklan shampo ternama. Belum lagi matanya. Bola matanya coklat. Bundar. Dengan bulu mata yang lentik. Unik”. Tak sadar kedatangan Dodi teman sebangkuku membuyarkan lamunanku. Eh namun tak lama Rini, si cantik dari kayangan muncul tiba tiba. Tak enaknya  ada Firman, anak basket yang terkenal playboy itu seolah jadi bodyguardnya. Yaiyalah lah wong pacarnya. Namun saat aku ketauan melihat Rini, ia nampak marah. Tapi angin segarnya, mata Rini melihatku dengan hiasan senyum tipis di bibirnya. Tampak indah. Ahh matilah aku!

Disini terdapat :
Tokoh sentral       : Aku sebagai penulis, Rini
Tokoh bawahan   : Firman
Tokoh latar          : Dodi


2.     Dilihat dari sifat tokoh, ada dua jenis tokoh, yaitu:

i)       Tokoh protagonis merupakan tokoh yang memperjuangkan kebenaran dan kejujuran, serta memiliki watak yang baik.
ii)    Tokoh antagonis merupakan tokoh yang melawan kebenaran dan kejujuran, serta memilki watak yang jelek. (Ingat protagonis tidak selalu berwatak jahat)

3.     Tokoh juga terdiri atas beberapa jenis, yaitu :

1)    Tokoh utama ialah tokoh yang sangat penting dalam mengambil peranan dalam karya sastra.
2)    Tokoh datar ialah tokoh yang hanya menunjukkan satu segi, misalnya baik saja atau buruk saja. Sejak awal sampai akhir cerita tokoh yang jahat akan tetap jahat.
3)    Tokoh bulat adalah tokoh yang menunjukkan berbagai segi baik buruknya, kelebihan dan kelemahannya. Jadi, ada perkembangan yang terjadi pada tokoh ini.

Contoh :
“Oh tidaaaakkk. Ini aneh. Perasaan aneh. Kenapa aku selalu mikirin bocah tengil yang selalu berbaju lusuh itu?? Andre. Yah namanya andre.  Bocah tinggi, kurus karena keseringan nge-drugs dan kecanduan rokok itu, rambut yang acak kadut, bocahyang selalu datang pada saat gerbang sudah ditutup. Pinter karate juga. Tapi baunya wangi. Yah bener setiap Andre berjalan melewatiku aku mencium bau khas Andre. Baunya yang khas yang serasa menusuk hidungku. Bau yang selalu ingin aku hirup selalu di tengah seragamnya yang tampak lusuh. Ahh tapi kalau mau ndapatin andre, aku harus bersaingan sama nenek lampir. Ifah. Iya gadis barwajah aneh itu memang jahat. Buktinya aja seminggu yang lalu gurunya aja, Bu Sari dibentaknya karena Bu Sari menegur Ifah memainkan hapenya saat jam pelajaran berlangsung. Idiihh merinding.. “




Analisis
Tokoh protagonis: tidak ada
Tokoh antagonis: Ifah
Tokoh utama: Andre
Tokoh datar: Ifah
Tokoh bulat: Andre

Perbedaan antara Tokoh utama dan tokoh tambahan dala cerita fiksi:



Tokoh utama
Tokoh  Tambahan

1) tokoh tersebut sering muncul

1) tokoh yang mendukung tokoh utama

2) tokoh yang sering diberi komentar.

2) tokoh yang hanya diberi komentar





PENOKOHAN
Albertime Minderop dalam  mengartikan penokohan sebagai karakterisasi yang berarti metode melukiskan watak para tokoh yang terdapat dalam suatu karya fiksi. Adalah watak karakter tokoh cerita yang dipaparkan oleh pengarang.

Penokohan biasanya ditampilkan pengarang, melalui:

1.     Pengarang langsung menyebutkan tokoh
Contoh
Gadis itu memang durhaka. Kerap kali aku mendengar ibunya dibentak bentak. Diperlakukan tak layak seperti ibu. Suatu sore aku melihat Ririn, gadis itu tidak mengakui ibunya yang bertaruh jiwa demi kelangsungan Ririn kepada Arif, pacarnya. Sungguh tega. Naudzubillah..
2.     Penggambaran fisik tokoh
Contoh:
Saat berjalan didepanku, tercium bau wangi. Terlihat sangat jelas otot lengannya yang begitu jelas. Matanya yang tersorot padaku. Tajam. Rambutnya diwax keatas, mirip artis muda Justin Bieber. Alisnya tebal panjang. Kulitnya bersih tanpa ada jerawat. Pantas saja, Lili, kapten Chersleaders sekolah menjerit histeris saat Angga berjalan menyapanya. Ohh Angga semenit saja berlalu, ahh dasar masa lalu.

3.     Apa yang dibuatnya
Contoh
Ronald, ketua OSIS sekolah. Masya Allah gantengnya. Meskipun saat dipelajaran dia tidak begitu greget, tapi pada saat berpidato, suaranya yang ngebass, pandangan jauh lurus kedepan. Yaa ampuuunn.. Apalagi pada saat memimpin, bijaknya dalam mengahadapi masalah, cepatnya ia tanggap menghadapi masalah, bikin aku ngeri saat berbicara kepadanya.

4.     Ucapan ucapan tokoh
Contoh
Anakku sayang, kalau udah gede nanti jadi apa yang kamu cita citakan ya. Jadi kebanggaan ibu nak. Jangan nyusahkan ibu mirip kakakmu. Kamu harus jadi laki laki yang mampu menghargai wanita kelak nak. Jadi pria yang gagah, namun tetap jadilah pengemis cinta dihadapan dewimu nanti. Busungkan dadamu untuk menakut nakuti musuhmu nanti”. Ku lihat istriku berbicara kepada anaknya yang tertidur pulas. Dan sesekali menyeka air matanya

5.     Apa yang dikenakannya
Contoh
Anggra. Yah Anggra. Setiap hari ia dimarahi ibunya. Bagaimana tidak ia adalah anak band beraliran hardcore. Gayanya yang kurang lebih seperti preman. Wajahnya yang penuh tindik. Rambutnya tegak berdiri keatas dengan wax berbau aneh. Bajunya yang selalu hitam menampakkan ketiaknya. Celananya yang comprang dibagian dengkulnya memang sengaja dirobek panjang. Kalung rantai besar selal tampak dilehernya. Gelang cincin berwarna hitam. Baunya khas bau rokok. Ugh tidak mau dekat dekat.



Menceterikan Ulang Cerpen : “Surat Untuk Wai Tsz”
          Cerpen ini menceritakan tentang persahabatan empat orang mahasiswi yaitu ; Nadhira, Wai Tsz, Finn, dan Maria. Mereka berasal dari negara yang berbeda-beda. 14 tahun yang lalu mereka berjanji tidak akan menikah sebelum mencapai cita-citanya masing-masing. Finn yang berasal dari Denmark bercita-cita persamaan hak laki-laki dan perempuan, Maria yang berasal dari Filipina menginginkan  perubahan baru di Negaranya, begitu juga Nadhira yang berasal dari Indonesia dan Wai Tsz yang berasal dari Cina menginginkan hal yang sama. Mereka mengirim surat untuk tetap bisa saling berhubungan satu sama lain. Namun Wai Tsz sejak peristiwa Tiannanmen tidak pernah  mengirim surat, kecuali pada surat terahirnya ia men­gatakan pada Nadhira untuk menolongnya dengan sebuah tulisan karena Nadhira adalah seorang wartawan. Namun, Nadhira sebagai warawan sangat malu karena ia merasa menjadi orang paling sok tau tentang sebuah berita yang sebenarnya tidak ia ketahui. Nadhira merasa ratuasan wartawan yang meliput pemberitaan di Cina hanyalah sebuah kompetisi untuk meraih piala Pulitzer.
Analisis cerpen “Surat untuk Wai Tsz
            Ada tiga jenis tokoh bila dilihat dari sisi keterlibatannya dalam menggerakan alur, yaitu:
1.     Tokoh Sentral
Penulis.
Wai Tsz
2.     Tokoh bawahan
Maria, Finn,
3.     Tokoh Latar
Tidak ada.

Dilihat dari sifat tokoh, ada dua jenis tokoh, yaitu:
1.     Tokoh protagonis
Finn:
Bukti: Paragraf ke-3
Maya
      Bukti: Paragraf ke-4
2.     Tokoh Antagonis
Penulis
      Bukti: Paragraf ke-10

Tokoh juga terdiri atas beberapa jenis, yaitu:
1.     Tokoh Utama:
Wai Tsz
2.     Tokoh datar:
Finn, Maya
3.     Tokoh Bulat
Penulis
PENOKOHAN

1.     Pengarang langsung menyebutkan tokoh
“... keadaan ini, ternyata membuat kami melupakan banyak hal dalam kemanusiaan. Misalnya, jika kami sedang membicarakan tentang sebuah peperangan di negara lain pada saat rapat perencanaan, kami duduk bagai sebuah kelompok komentator bola yang sok jago, yang melecehkan salah satu pemain yang begitu ‘goblok’ sembari menggigit ayam goreng dan tertawa cekakaan,...” (Paragraf ke-10)
2.      Penggambaran fisik tokoh
“...Finn, teman sekamar kita, Putri Salju berambut panjang pirang dan bermata biru itu, meletaakkan misi hidupnya di sekitar bintang Andromeda...” (Paragraf ke-3)
3.     Apa yang dibuatnya
Tidak ada.
4.     Ucapan ucapan tokoh
“...yang kuinginkan adalah persamaan hak lelaki dan perempuan. Kukira itu sebuah cita cita yang berlaku bagi semua”. (Paragraf ke-3)
5.     Apa yang dikenakannya
Tidak ada.


1 komentar:

  • Anonim | 25 Januari 2022 pukul 00.25

    Coin Casino Review 2021 | Bonus Codes & Free Spins
    This is the first comprehensive review of the coin casino with no signup or deposit needed. Take a look at the best Bitcoin casino bonuses, 🎲 Games: 메리트 카지노 쿠폰 1000+💰 Min Withdrawal: $/£/€ 10🎲 Games: 100+📱 Mobile: 메리트카지노 Android,iPhone,iPad,Other Mobile Rating: 4 · ‎Review 인카지노 by CasinoWow

Posting Komentar